PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI FILM DRAMA KOREA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran menulis naskah drama melalui film drama Korea yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Terdapat lima langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Produk; dan 5) Revisi Produk. Dalam penelitian ini digunakan empat instrumen pengumpulan data yaitu wawancara, angket, observasi, dan lembar penilaian. Wawancara, angket dan observasi digunakan untuk menganalisis kebutuhan siswa dan guru sedangkan lembar penilaian digunakan untuk menguji kelayakan produk yang dihasilkan. Terdapat tiga aspek yang divalidasi yaitu kelayakan isi/materi, kelayakan media/desain, dan kelayakan kebahasaan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli/pakar diperoleh hasilĀ 85,71% (sangat layak) untuk kelayakan isi/materi, 92,72% (sangat layak) untuk aspek kalayakan media/desain, dan 74,28% (layak) untuk aspek kelayakan kebahasaan.