PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MENULIS AKADEMIK BERBASIS MOODLE PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

  • Santi Oktarina
  • Sri Indrawati
  • Adeng Slamet
Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Multimedia Interaktif, Menulis Akademik, MOODLE

Abstract

Revolusi industri 4.0 atau revolusi industri keempat adalah suatu era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Di era ini  pendidik  bukan hanya memiliki pengetahuan luas,  kecakapan yang tinggi dalam keilmuan, kemampuan tinggi dalam memlilh dan menggunakan  model, metode, teknik, atau strategi, tetapi juga harus membuat, menggunakan, dan mengembangkan  teknologi pembelajaran. Selain itu. penggalakan penggunaan E-Learning di Universitas Sriwijaya menuntut tesedianya multimedia pembelajaran yang berbasis riset. Artikel ini adalah bagian dari riset pengembangan dengan tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran menulis akademik berbasis MOODLE pada mata kuliah bahasa Indonesi di Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall  serta teori Lee and Owens. Artikel yang merupakan bagian dari riset penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi pengguna (mahasiswa) terhadap multimedia interaktif pada pembelajaran menulis akademik berbasis MOODLE di Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah metode Delpi. Teknik pengumpulan data adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada pembelajaran menulis akademik berbasis MOODLE dipersepsikan sangat baik jika ditinjau dari segi isi materi, bahasa, penyajian multimedia interaktif, dan E-Learning MOODLE.

Published
2021-06-29