PENGARUH SELF REGULATION LANGUAGE PADA KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SDN 207/IV

  • dhea annisa oktarizka Universitas Pendidikan Indonesia
Kata Kunci: kemampuan menyimak, sekolah dasar, self regulation language

Abstrak

Dasar yang harus dikuasai pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu penguasaan kebahasaan yang terdiri dari keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kemampuan siswa dalam menyimak termasuk dalam kemampuan dasar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah terutama dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari self regulation language terhadap kemampuan menyimak siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitif dengan teknik partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). Populasi dalam penelitian ini 100 siswa kelas IV SD begitu juga dengan sampel peneletiaan ini 100 siswa kelas IV SD. Hasil dari peneltian ini adalah pengaruh dari self regulation terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV SD.

Diterbitkan
2024-06-18