PELATIHAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP MELALUI PENYUSUNAN SOAL-SOAL NUMERASI KONTEKS KOTA PRABUMULIH DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PMRI

  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Novita Sari Universitas Sriwijaya
  • M. Hasbi Ramadhan Universitas Sriwijaya
Keywords: pendampingan, kompetensi guru, numerasi, PMRI, konteks

Abstract

Kompetensi guru matematika dalam menyusun soal numerasi saat ini penting untuk dilatih dan dikembangkan mengingat masih rendahnya hasil PISA peserta didik Indonesia. PMRI merupakan salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk melatih numerasi peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pelatihan dan pengembangan penyusunan soal-soal numerasi dalam pembelajaran berbasis PMRI. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan kompetensi guru dalam menyusun soal numerasi dalam pembelajaran berbasis PMRI dan mengetahui respon peserta terhadap kegiatan pelatihan dan pengabdian. Metode kegiatan menggunakan mode sinkronus dan asinkronus meliputi tahap persiapan, pelatihan dan pendampingan, dan evaluasi. Sebanyak 37 peserta yakni para guru matematika SMP dari 13 sekolah negeri dan 7 sekolah swasta yang tersebar di Kota Prabumulih, Sumateras Selatan, mengikuti kegiatan ini. Melalui pelatihan dan penguatan ini, didapatkan bahwa guru memiliki kompetensi yang baik ditandai dengan sebanyak 73% guru berhasil menyusun soal-soal numerasi dan respon peserta sangat baik terhadap kegiatan ini dengan skor 89,06.

Published
2024-11-30
How to Cite
Zulkardi, Z., Putri, R., Sari, N., & Ramadhan, M. (2024). PELATIHAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP MELALUI PENYUSUNAN SOAL-SOAL NUMERASI KONTEKS KOTA PRABUMULIH DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PMRI. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 3(2), 61-69. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v3i2.1420