PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI TES FISIK DELAPAN CABANG OLAHRAGA UNTUK GURU DAN PELATIH DI KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG

  • Hartati Hartati Universitas Sriwijaya
  • Syamsuramel Syamsuramel Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Richard Victorian Universitas Sriwijaya
Keywords: aplikasi, tes fisik, pengabdian

Abstract

Tes salah satu proses yang sangat diperlukan dalam melihat perkembangan atlet. Pengembangan aplikasi tes fisik delapan cabang olahraga di wilayah Palembang diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pembinaan karena tes merupakan salah satu bagian integral dari segala proses pembinaan Keberadaan UPPM FKIP Unsri, Program Studi Penjaskes, ISORI Sumsel, di dukung oleh sumber daya manusia yang bermutu dan profesional sesuai dengan bidangnya, serta sarana prasarana yang lengkap dan memadai untuk mendukung kegiatan pelatihan dalam rangka penerapan iptek, sedangkan potensi yang dimiliki guru-guru penjasorkes serta pelatih-pelatih olahraga  wilayah Palembang adalah kemauan dan kemampuan yang kuat untuk mendapatkan pelatihan dan pembinaan tentang pengembangan aplikasi tes fisik delapan cabang olahraga. Keberhasilan suatu kegiatan pengabdian pada masyarakat  dievaluasi berdasarkan hasil pelaksanaan tes dan kesimpulan yang diambil melalui data yang diperoleh, dan Tim PPM  melakukan evaluasi dengan mengamati dan hasil tes fisik yang dilakukan guru penjasorkes dan pelatih olahraga saat pelatihan. Instrumen kriteria penilaian tingkat kebermanfaatan kegiatan pelatihan ini diungkap dengan instrumen yang telah disiapkan. Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk pembinaan guru penjasorkes dan pelatih olahraga untuk melaksanakan tes fisik dengan menggunakan aplikasi tes fisik delapan cabang olahraga.

Published
2022-05-16
How to Cite
Hartati, H., Syamsuramel, S., & Victorian, A. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI TES FISIK DELAPAN CABANG OLAHRAGA UNTUK GURU DAN PELATIH DI KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 1(1), 63-69. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.319

Most read articles by the same author(s)